Rabu, 03 Juli 2013

Gempa 6,2 SR Guncang Aceh, Warga Pesisir Berhamburan

0





BIREUEN, KOMPAS.com — Gempa bumi mengguncang wilayah Aceh, Selasa (2/7/2013), sekitar pukul 14.40 WIB. Gempa tersebut dirasakan cukup kuat oleh sebagian besar masyarakat pesisir Aceh.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, getaran gempa dirasakan warga Banda Aceh, Sigli, Bireuen, dan Aceh Utara. Warga mengaku getaran gempa cukup lama dan berayun, membuat masyarakat berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

Kendati belum diketahui baik kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa yang baru saja terjadi, masyarakat mengaku waswas akan terjadinya gempa bumi susulan.

“Gempa kali ini termasuk lama, hampir tiga menit berayun-ayun,” ujar Mustafa (45), warga Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

Ia mengaku resah dan khawaitr akan terjadi gempa susulan di malam hari.

Informasi dari situs resmi BMKG menyebutkan, gempa tersebut berkekuatan 6,2 SR dan berpusat di 35 km Barat Daya Kabupaten Bener Meriah, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), 43 km tenggara Kabupaten Bireuen, 50 km barat laut Kabupaten Aceh Tengah. Kedalaman gempa mencapai 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

S: http://regional.kompas.com/read/2013...ir.Berhamburan


Terus ada gampa susulan...

2 Gempa susulan guncang Bener Meriah Aceh, warga panik



Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa susulan terjadi dua kali di tempat yang hampir sama dari gempa 6,2 SR tadi siang. Dua gempa susulan ini dengan magnitude 5,5 SR dan 5,3 SR.

Gempa susulan pertama terjadi pukul 20.55 WIB, Lokasi 4.70 LU dan 96.69 BT, sekitar 27 km Barat Daya Kabupaten Bener Meriah. Kedalaman 10 Km dengan kekuatan 5,5 SR. Gempa susulan kedua pukul 22:36 WIB. Lokasi 4.71 LU dan 96.69 BT di kedalaman 10 Km.

"Keduanya berada di darat. Tidak menimbulkan tsunami," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Selasa (2/7).

Menurut Sutopo, mekanismenya sama dengan gempa sebelumnya yaitu sesar geser menganan. Bagian timur dari sumber gempa bergerak ke tenggara dan bagian baratnya bergerak ke barat laut. Sumber gempa berasal dari sesar aktif di daratan pada segmen Aceh dari sesar Sumatera.

"Adanya gempa susulan tersebut sangat dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Masyarakat takut masuk ke dalam rumah dan memilih berada di luar rumah," kata Sutopo.

Masyarakat yang rumahnya roboh menempati beberapa titik pengungsian. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada.

S: http://www.merdeka.com/peristiwa/2-g...rga-panik.html


Akibatnya ...

Puluhan Warga Diduga Tertimbun akibat Gempa Aceh



Metrotvnews.com, Aceh: Puluhan warga di Kecamatan Ketol, Bener Meriah, Aceh, diduga tertimbun reruntuhan akibat gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter, sore tadi. "Sekitar 30 anak-anak yang sedang mengaji di masjid tertimbun reruntuhan," kata Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Ketol, Indah, Selasa (2/7).

Indah mengatakan, tiga warga yang meninggal sudah dimakamkan atas nama Doni (12), Yudha (16), dan Kartiyem (60). Empat korban meninggal lainnya juga sudah dievakuasi.

"Rumah kami juga rata dengan tanah dan saat ini kami di tenda pengungsian," tambah Indah.

Indah memastikan, hampir sebagian besar rumah permanen di Ketol rubuh akibat gempa yang dirasakan sampai ke Banda Aceh. "Banyak yang terluka. Belum ada bantuan apapun. Kami
tinggal di tenda darurat yang dibangun sendiri dari terpal," terang Indah.

Gempa susulan masih terjadi di Bener Meriah. "Jarak satu gempa dengan gempa lainnya sekitar 15 menit," terang Indah. "Saat ini kondisi di lapangan hujan deras dan aliran listrik terputus.(Antara)

S: http://www.metrotvnews.com/metronews...bat-Gempa-Aceh


Gempa Aceh 20 Meninggal dan Lebih 100 orang Luka



BENER MERIAH, suaramerdeka.com - Gempa 6,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Aceh, khususnya di titik gempa yang berada di Kabupaten Bener Meriah, sampai pukul 21.00 WIB mengakibatkan 20 orang meninggal dan lebih dari 100 orang terluka.

Saat ini sedang dilakukan penanganan khusus sedang dilakukan mepada para korban gempa, khususnya anak-anak, balita ibu hamil dan para lansia.
"Penangan khusus itu dilakukan di rumah-rumah sakit dan di lokasi gempa," kata Sutopo Purwo Yuwono, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Selasa (2/7) dalam wawancaranya dengan Radio Elshinta.

PBPNB masih terus mendata data titik lokasi dampak kerusakan terparah, sedangkan Kabupaten Bener Meriah tercatat terparah akibat gempa ini. Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR yang terjadi pada Selasa (2/7) pukul 14.37.03 Wib mengguncang wilayah Provinsi Aceh.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di daratan dengan lokasi berada di 35 km Barat Daya Kabupaten Benermeriah, 43 km Tenggara Kabupaten Bireuen, 50 km Barat Laut Kabupaten Aceh Tengah, atau 181 km Tenggara Banda Aceh. Kedalaman gempa 10 km.

Gempa dirasakan sangat kuat selama sekitar 15 detik oleh masyarakat di Bener Meriah hingga Banda Aceh. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah.

S: http://www.suaramerdeka.com/v1/index...100-orang-Luka


Biang keroknya ...

Gempa 6,2 SR di Aceh Akibat Pergeseran Sesar Sumatera



BANDA ACEH - Gempa 6,2 Skala Richter yang berpusat di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, siang tadi merupakan gempa tektonik akibat pergerakan sesar Sumatera atau patahan Semangko. Gempa ini berpusat di darat sehingga banyak menimbulkan kerusakan bangunan.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Aceh, Faizal Ardiansyah, mengatakan, gempa tektonik tersebut tak serta merta meningkatkan aktivitas gunung berapi Burni Telong di Bener Meriah, namun status gunung api tipe A itu tetap harus selalu dipantau. Warga juga harus mewaspadai longsor, karena gempa jenis ini dapat mengganggu kestabilan lereng.

“Masyarakat diharapkan dapat tenang sambil memperbanyak doa, karena gempa tektonik tidak serta merta mengakibatkan meningkatnya aktivitas gunung api Burni Telong. Hanya yang diperlukan adalah pemantauaan untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata Faizal, Selasa (2/7/2013) malam.

Menurutnya gempa yang menewaskan enam orang di Bener Meriah dan Aceh Tengah ini, memiliki pola yang sama dengan gempa di Tangse, Kabupaten Pidie pada Maret 2013. Dia menjelaskan, gempa tektonik bisa mengganggu posisi magma dalam perut gunung api. Bisa jadi magma akan menyusup ke rekahan yang terbentuk dalam perut bumi sehingga energi tekanan magma ke perut gunung api berkurang.

“Namun, sebaliknya bisa juga tekanan magma dalam perut bumi semakin meningkat yang menyebabkan gunung api lebih aktif dari sebelumnya,” ujar dia.

Wilayah Aceh yang rawan gempa tektonik dari sumber gempa di laut adalah seluruh pesisir pantai barat dan selatan Aceh. Gempa yang berpusat di laut ini dapat berpotensi terjadinya gelombang tsunami.

“Untuk wilayah yang rawan gempa tektonik dari sumber gempa darat yaitu patahan Semangko. Wilayah ini umumnya membelah bagian tengah wilayah Aceh, searah dengan Bukit Barisan,” sebut Faizal.

Patahan Semangko juga memiliki sesar-sesar kecil yang menyebar pada beberapa wilayah Aceh baik di utara maupun selatan. Seperti patahan Lokop-Kutacane, Blangkeujeren-Mamas, Kla-Alas, Reunget-Blangkeujeren, Anu-Batee, Samalanga-Sipopoh, Banda Aceh-Anu, dan Lamteuba-Baro.

“Wilayah yang dilalui patahan Semangko ini juga sangat rentan terhadap longsor. Oleh karena itu perlu penanganan teknis yang tepat untuk pemotongan lereng dan pembuatan jalan di daerah tersebut,” katanya.

S: http://news.okezone.com/read/2013/07...sesar-sumatera

Foto-foto seputar tragedi Gempa Aceh ...




Warga Kebayakan, Aceh Tengah, menghangatkan diri di perapian (muniru) bersama keluarga di luar rmah. Foto akun Twitter @gunedisaufa




@Discover_Aceh: Kondisi saat ini di Puskesmas Lampahan, Bener Meriah

















S: http://atjehpost.com/nanggroe_read/2...n-Bener-Meriah
S: http://foto.kompas.com/photo/detail/...042/gempa-aceh

Mudah-mudahan temen-temen Kaskuser Aceh diberikan banyak kesabaran dan ketabahan menghadapi musibah gempa ini.

Temen-temen Kaskuser lain yang tau pengumpulan & penyaluran bantuan korban gempa Aceh silahkan infokan disini ya Gan.

#PrayForAceh

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com